Cara Memasang Keramik Lantai Agar Awet


Perkembangan motif keramik akhir–akhir ini sangat populer, karena warna dan corak yang dimiliki keramik memiliki keindahan dan beraneka macam. Keramik itu sendiri biasa dipasang di banyak tempat pada sebuah rumah, contohnya lantai, dinding kamar mandi, dinding dapur, dan lain-lain.

Pada zaman dahulu keramik digunakan untuk menutup tanah pada lantai, karena fungsi keramik sendiri sebenarnya untuk penutup lantai. Namun untuk zaman ini keramik lebih menitikberatkan pada keindahan. Keramik digunakan untuk memperindah dan mempercantik rumah. Untuk cara memasang keramik lantai itu sendiri memakan waktu yang cukup lama.

Tahapan Memasang Keramik Lantai Yang Benar
Agar keramik dapat terpasang dengan benar, berikut adalah cara terbaik memasang keramik lantai:

    • Hal pertama yang harus dilakukan atau sudah menjadi kewajiban adalah perendaman keramik, hal ini akan membuat keramik mudah di pasang dan lebih elastis.
    • Lantai dasar untuk pemasangan keramik usahakan sudah kuat dan rata.
    • Buatlah garis bantu agar mempermudah dalam proses pemasangannya. Biasanya garis bantu dibuat menggunakan benang.
    • Kualitas dari keramik harus diperhatikan. Keramik dengan kualitas rendah akan memiliki kesulitan dalam pemasangan. Nantinya keramik di pasang dengan selisih antara 0.2 – 0.5 mm. agar keramik tidak bertabrakan.
    • Pastikan daya rekat keramik tinggi, dengan cara mengoleskan air semen sedikit demi sedikit pada belakang keramik.
    • Adukan semen untuk memasang keramik harus bersih dari batu, kerikil atau ganjalan lain.
      Adukan untuk pemasangan keramik padatkan secara merata pada tempat pemasangan keramik. Keramik yang sudah dipasang harus diketuk agar tidak terdapat rongga. Karena rongga ini akan membuat keramik lepas pada esok hari.
    • Pemasangan keramik dapat dilakukan pada dinding dekat pintu diatas permukaan lantai.
    • Pastikan ketinggian keramik sesuai dengan benang yang di tari tadi. Agar permukaan menjadi rata.
    • Jangan pasang nat keramik pada hari yang sama. Pasang nat keramik belakangan. Ini agar sisa udara yang mengendap di bawah keramik akan keluar melalui nat.
    • Setelah 2 – 3 hari barulah pasang nat.
    • Amankan area keramik dari lalu – lalang orang, agar keramik tidak terinjak selama 2 – 3 hari. Karena adukan di bawah keramik belum kuat, yang ditakutkan jika terinjak keramik akan ambles.
    • Kembali periksa keramik, karena biasanya masih ada keramik yang kopong, jika terdapat itu, bongkar dan pasang kembali.

Itulah beberapa cara memasang keramik lantai, namun hal yang paling penting adalah dalam memilih keramik itu sendiri. Salah satunya ukuran keramik. Jadi pastikan dulu ukuran keramik yang akan dipakai sebelum membeli. Anda dapat meminta saran pada penjual keramik. Karena mereka sudah berpengalaman. Untuk tenaga pemasangan keramik juga pilihlah yang sudah berpengalaman. Agar hasilnya maksimal dan tidak mengecewakan. Dan akan membuat rumah lebih nyaman dan indah.

Sumber: pinturumahminimalis.com


Showroom Address

Nuanza

Dukuh Dedegan RT 03 RW 05
Desa Ngadirojo, Kecamatan Ampel
Boyolali, Jawa Tengah, Indoensia
Telp : 0888 0651 4053
Email : nuanza.npi@gmail.com 

 

 

 



PRODUK REKOMENDASI

STATISTIK USER

Pengunjung hari ini : 22
Total pengunjung : 11751

Hits hari ini : 36
Total Hits : 20044

Pengunjung Online: 1